Pasar IoT di Indonesia: Seksi dan Penuh Peluang

Teknologi Internet of Things (IoT) di Indonesia kini semakin banyak diterapkan dalam berbagai sektor, seperti manufaktur, pertanian, kesehatan, dan industri lainnya. IoT telah terbukti memberikan manfaat positif bagi kinerja sektor-sektor tersebut. Data dari Indonesia IoT Forum menunjukkan bahwa ada sekitar 400 juta perangkat sensor di Indonesia yang telah terpasang IoT, dengan 16% digunakan di sektor manufaktur, 15% di sektor kesehatan, 11% di sektor asuransi, dan 10% di sektor perbankan dan sekuritas.

Menurut laporan World Economic Forum bertajuk "The Future of Jobs Report 2020", sebanyak 9% perusahaan di seluruh dunia akan memanfaatkan teknologi IoT pada 2025. PT Telkom Indonesia (Telkom), sebagai BUMN yang telah bertransformasi menjadi perusahaan digital telekomunikasi, juga berperan dalam mempercepat implementasi IoT di Indonesia melalui produk Antares yang menyediakan solusi dan konektivitas IoT berbasis Long Range Wide Area Network (LoRaWAN).

Pasar IoT di Indonesia masih sangat menarik dan memiliki banyak peluang bisnis. Sektor logistik dan smart city diperkirakan akan mengalami peningkatan dalam beberapa tahun ke depan. Telkom, sebagai salah satu pemimpin pasar di Indonesia, siap untuk mendukung ekosistem IoT dan menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi perusahaan yang ingin mengimplementasikan IoT.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Recent Post

banner
banner